NEWS UPDATE :  

Berita

Guru Berbasis IT, Jawab Tantangan Revolusi Industri 4.0

 Ilmu informasi teknologi (IT) memiliki peran penting pada pendidikan. Dari proses pembelajaran hingga strategis untuk menentukan capaian hasil kegiatan belajar mengajar (KMB). IT tidak hanya menyasar pendidikan di bidang sains saja.

“Untuk bidang medis, misalnya perawat. Mereka juga perlu belajar IT, karena peralatan medis juga dijalankan oleh program IT,” ujar Pengamat Pendidikan Indra Charismiadji di Jakarta, Sabtu (19/10/2019).

Dia menerangkan, pengenalan IT pada peserta didik di era revolusi industri 4.0 perlu. Oleh karena guru wajib menguasai IT. Ini sesuai dengan keinginan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk menciptakan guru yang paham teknologi.

“Kita sudah berikan pelatihan IT kepada guru. Mereka bukan guru SMK, tapi ada guru Bahasa Indonesia, guru Bahasa Inggris, bahkan guru BK,” bener Indra. Dari pelatihan tersebut, dikatakan Indra para guru menularkan kepada siswa. Kemudian guru yang backgroundnya bukan basisnya teknologi tersebut mengajarkan anak-anak tentang coding hingga membuat program.

“Mereka hanya mengajar selama 3 bulan. Peran guru hanya fasilitator, tidak seperti dulu sebelum ada internet, guru dituntut tahu semua. Kita bisa lihat sekarang kemampuan siswa dengan karya-karyanya yang luar biasa,” katanya.

Ia menyebutkan, sedikitnya ada 600 and karya siswa di bidang IT. Dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK) sampai tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Seperti karya berupa animasi hingga aplikasi game. “Kita akan pilih 5 karya terbaik untuk diperlombakan ke tingkat nasional,” ucapnya.

Dari karya-karya siswa tersebut, menurut Indra untuk memastikan itu buatan mereka. Para siswa diminta untuk memaparkan bagaimana cara membuatnya hingga kemampuan sosial skill atau kemampuan berbicara di depan umum.

“Selama ini kan image orang IT hanya bisa bicara dengan komputer, tidak bisa berkomunikasi di depan umum. Kita ingin buktikan, bahwa anak-anak sekarang mampu menguasai IT juga mampu berbicara di depan umum,” terangnya.


Sumber: https://indopos.co.id/read/2019/10/21/201950/guru-berbasis-it-jawab-tantangan-revolusi-industri-4-0/

KEGITAN SEKOLAH
Kontak
Alamat :

Jalan Raden Fatah No. 52, Sudimara Barat

Telepon :

021.730-6942

Email :

info@smpn3kotatangerang.sch.id

Website :

www.smpn3kotatangerang.sch.id

PENGUMUMAN UN